Ilham Ilysar Sisir Kota Bali, Ada Apa?

SHRI.com, BALI – menyambut Hari ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), Penggagas Suara Hati rakyat indonesia (SHRI) Ilham Ilyas, sambangi kota Bali dalam rangka mengenal budaya-budaya bangsa.

 Ilham menuturkan jika keberangkatannya di Bali itu untuk mengenal lebih jauh budaya-budaya yang ada ditanah air.

“Budaya itu kan suatu mediasi yang dipersatukan sebagai benteng negara kesatuan Republik Indonesia (RI), kujungan saya juga di Bali dalam rangka menyambut HUT RI,” kata Ilham,

Ia mengungkapkan, bahwa Daya tarik Bali adalah dengan kebudayaannya yang unik dan merakyat. Kehidupan kebudayaannya adalah menyatunya agama, kebudayaan, adat yang harmonis, cipta, rasa dan karsa sebagai unsur budi daya manusia menonjol mengambil bentuk keagamaan, estetika dan etika (seni budaya, solidaritas, gotong royong rasa kebersamaan.

“Pulau bali sangat terkenal dengan Kebudayaannya seperti seni tari, seni pertujukan, dan seni ukirnya. Covarrubias mengamati bahwa setiap orang Bali layak disebut sebagai seniman, sebab ada berbagai aktivitas seni yang dapat mereka lakukan lepas dari kesibukannya sebagai petani, pedagang, kuli, sopir, dan sebagainya mulai dari menari, bermain musik, melukis, memahat, menyanyi, hingga bermain lakon,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ilham , bahwa Hampir diseluruh desa banyak dijumpai sebuah pura yang indah, pemain gamelan andal, dan bahkan aktor berbakat.

Post a Comment

0 Comments