PILKADA DKI: Survei LSI, Agus-Sylvi Menang, Ahok? -->
Cari Berita

Advertisement

PILKADA DKI: Survei LSI, Agus-Sylvi Menang, Ahok?

Kamis, 22 Desember 2016

Foto, Ilustrasi

JAKARTA - Sejumlah Lembaga survei yang meneliti Pilkada DKI Jakarta yang akan digelar pad Februari 2017 mendatan. Seprti halnya Lingkaran Survei Indonesia pimpinan Denny Januar Ali (LSI Denny JA) telah merilis hasil penelitian mereka.

Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden pada tanggal 3-8 Desember 2016 di Jakarta.

Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of Error survei ini plus minus 4,8%. Hasilnya, LSI Denny JA memprediksi bahwa Pilkada DKI akan berlangsung dalam dua putaran. Tak ada satu pun kandidat yang memperoleh suara di atas 50 persen plus satu.

LSI Denny JA membuat simulasi jika Pilgub DKI 2 putaran, siapa yang bakal diuntungkan antara Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau Anies Rasyid Baswedan?

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan bahwa calon yang pasti masuk ke putaran dua adalah Agus Yudhoyono.

"Jadi peluang sendiri, kami melihat bahwa Pilkada ini akan dua putaran dan dua putaran ini kita melihat bahwa salah satu tiket sebenarnya sudah dimenangkan oleh Agus," kata Ardian saat memaparkan hasil survei di kantor LSI Denny JA di jalan Pamuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2016).

Agus, kata Ardian, sudah memiliki modal elektabilitas yakni 33,06 persen. Agus akan bersaing dengan Ahok atau Anies di putaran kedua. Jika melawan Ahok, LSI Denny JA memprediksi, Agus Yudhoyono akan menang telak.

Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan, elektabilitas Agus sebesar 46,1 persen dan Ahok 29,1 persen jika putaran kedua Pilkada DKI digelar hari ini. Sementara warga yang belum menentukan pilihan sebesar 24,8 persen.

"Ahok bisa lolos di putaran pertama tetapi di putaran kedua dia akan game over kalah dengan selisih yang lumayan jauh di atas 15 persen, tadi kita melihat datanya sendiri 46 persen lawan sekitar 20-an persen," kata Ardian.

Ahok juga diprediksi akan kalah telah jika melawan Anies di putaran kedua. LSI Denny JA menyebut elektabilitas Anies 45,3 persen dan Ahok 27,6 persen jika mereka bersaing di putaran kedua. Warga yang belum menentukan pilihan sebesar 27,1 persen.

Menurut Ardian, putaran dua Pilkada DKI akan berlangsung sengit jika Agus melawan Anies. "Jadi tidak akan mudah bagi Agus misalnya mengalahkan Anies termasuk juga tidak akan mudah Anies mengalahkan Agus," kata dia.

Meski sengit, LSI Denny JA memprediksi Agus akan menang tipis dari Anies. Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan jika pilkada DKI putaran dua digelar hari ini, elektabilitas Agus 36,0 persen dan Anies 30,5 persen.

"Agus vs Anies lebih ketat, Agus menang hanya 1 digit di atas margin of error," kata Ardian.

Sumber: Detiknews