UPDATE: Gempa di Aceh, 18 Orang Meninggal Dunia

Foto, Kondisi Pemukiman di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. ISTIMEWA

ACEH, SHRI.com - Wakil Bupati Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Said Mulyadi, menuturkan dari laporan yang masuk korban akibat gempa bumi yang berkekuatan 6,5 SR sebanyak 18 orang, Rabu (7/12/2016).

"Dari laporan yang terus kita data ada 18 orang meninggal dunia, saat ini para petugas tengah melakukan evakuasi terhadap korban. Kami juga terus melakukan pendataan korban," Ujar Said Mulyadi.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Marsudi, mengatakan peristiwa gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 05.03 WIB. Kata Marsudi, ada belasan bangunan roboh diantaranya 10 ruko dan 4 rumah warga.

Sebelumnya, dari hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). 

"Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser. Ini sesuai laporan sementara dari zona gempa bumi bahwa gempa bumi ini memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempat," kata Moch Riyadi Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi.

(red/shri)

Post a Comment

0 Comments