Perbaikan Jembatan Cisomang Ditargetkan Selesai Akhir Maret -->
Cari Berita

Advertisement

Perbaikan Jembatan Cisomang Ditargetkan Selesai Akhir Maret

Sabtu, 14 Januari 2017



JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis perbaikan Jembatan Cisomang yang berada KM 100+700 pada  Jalan Tol Purwakarta – Bandung – Cileunyi (Purbaleunyi), Jawa Barat, dapat diselesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada 31 Maret 2017 yang akan datang.

“Saat ini telah dilakukan berbagai kajian awal dan  persiapan lingkungan kerjanya. Mudah-mudahan kalau lancar mulai hari Senin, 16 Januari 2017, akan dimulai penanganan dengan konstruksi bore pile. Insya Allah, akhir Maret 2017 target penyelesaian pekerjaan masih bisa kita penuhi,” kata Basuki saat meninjau perkembangan Jembatan Cisomang, Kamis (12/1/2017) sore.

Menurut Menteri PUPR, total tiang pancang (bore piles) yang dipasang berjumlah lebih kurang 50 buah. Ia menjelaskan, saat ini sedang dicari lapisan batuan breksi untuk meletakkan bored piles tersebut.

Selain itu, antara pilar P2 dengan P3 juga akan diikat dengan kolom baja (strutting) sepanjang 30 meter. Serta pilar P1 dan P2 akan diberikan penguatan dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Mengenai pergerakan tanah, menurut Menteri PUPR, saat ini masih dalam kondisi aman, dan terus dilakukan monitoring intensif dengan teknologi Robotic Total Station secara kontinu 24 jam, terutama pada musim hujan dimana debit air dapat memberikan pengaruh pada pergeseran struktur jembatan.

Adapun mengenai biaya, Basuki menjelaskan,  berdasarkan perhitungan di lapangan dan pengalaman empiris lainnya diperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan jembatan Cisomang berkisar Rp 70 miliar.

Sebelumnya sejak tanggal 23 Desember 2016 silam telah dilakukan pembatasan lalulintas dengan hanya membolehkan kendaraan Golongan 1 (kecil – non bus) yang dapat melewati Jembatan Cisomang selama masa perbaikan 3 bulan. (BKP Kementerian PUPR/ES)