SHRI: Suarakan Pemimpin Bangsa RI Pertama Hingga Sekarang, Patut dikenang



JAKARTA - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa perjuangan para para pemimpin yang telah memperjuangkan cita-cita mempersatukan Indonesia yang terdiri dari beragam budaya, bahasa, suku dan agama.

para pemimpin bangsa indonesia sebagai generasi penerus, kali ini kita akan mengulas singkat perjalanan tokoh yang pernah memimpin Repulik Indonesia (RI), sejatinya jasa-jasa beliau mestinya kita junjung tinggi. 

Perjalanan bangsa Indonesia menurut penggagas Suara Hati Rakyat Indonesia (SHRI) ,Ilham Ilyas, bahwa sejatinya generasi penerus dan pemerintahan agar apa yang telah diperjuangkan oleh pemimpin pendahulu kita sekiranya menjadi motivasi untuk membangun Indonesia kedepan jauh lebih baik.

ia mengatakan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi yang merdeka sudah sejak tahun 1945. Indonesia sudah 71 tahun lamanya Indonesia merdeka. Selama 71 tahun Indonesia merdeka, sudah sering terjadi pergantian pemimpin atau presiden dan wakil presiden. 

Nama – nama Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia kadang sudah sering dilupakan oleh warga indonesia karena kebanyakan dari mereka sudah tidak ada. Akan tetapi, Mereka semua telah berjasa dalam membangun Indonesia sehingga Indonesia seperti sekarang ini. Tak sepatutnya kita melupakan jasa dan nama- nama mereka. 

Presiden Pertama, Ir. Soekarno (1945-1966) merupakan “bintang” yang bersinar Cita-cita beliau tertuang dengan konsep negara Nasionalis, Agama dan Komunis (Nasakom) yang mengayomi semua golongan dalam payung NKRI. Semua bersatu dalam satu jati diri, Indonesia. 

Beliau mengerti apa yang diperlukan dalam keberagaman Indonesia. Tentunya dalam cita-cita Bung Karno “keberagaman” bukanlah ancaman tetapi suatu kekuatan yang seharusnya dipelihara anak-cucu bangsa Indonesia. Bung Karno dengan kharismanya mewakili bangsa Indonesia dalam kancah politik dunia. 

kiprah Bung Karno diantara para pemimpin bangsa, bukti kebesaran cita-cita beliau yang diakui dunia. Bung Karno dengan kharismanya mewakili bangsa Indonesia dalam kancah politik dunia. Mungkin para tokoh dunia juga mengagumi cita-cita beliau untuk bangsa yang besar dan beragam ini.

Presiden Kedua, Soeharto (1966-19980), dimana perjalanan kepemimpinannya yang ditandai dengan swasembada pangan dan puncaknya adalah mendapat penghargaan dari Food and Agriculture Organization (FAO) di tahun 1984. Pak Harto dianugerahi sebuah medali bertuliskan ”from rice importer to self sufficiency”.  

Gaya bahasa eufimisme yang dikembangkan di era kepemimpinan Soeharto amatlah efektif baik untuk mendekatkan pemerintah kepada masyarakat maupun menjaga agar roda pemerintahan keamanan masyarakat terkendali.

Sepanjang tahun 1970, 1980, dan 1990 adalah masa-masa Museum Soehartokeemasan pemerintahan Soeharto. Begitu banyak program pemerintah yang dijalankan tingkat keberhasilannya seakan-akan seratus persen dari rencana-rencana program pemerintah tersebut. Kepala negara tetangga juga tampak segan terhadap kepemimpinan Pak Harto, 

Soeharto, Presiden Republik Indonesia ke-2 setelah Soekarno, yang menjadi pemimpin negara ini selama kurang lebih 31 tahun (1967-1998), Soeharto menorehkan sejarah dalam perjalanan bangsa ini, menjadi tokoh pembangunan di negara ini, dan gaya kepemimpinannya memberi warna tersendiri dalam dinamika berbangsa dan bernegara

Presiden Ketiga, Habibie (1998-1999) merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25 Juni 1936. Habibie menjadi Presiden ke-3 Indonesia selama 1.4 tahun Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie, berbasis teknologi

langkah yang dilakukan Presiden B.J. Habibie untuk mengatasi keadaan yang carut-marut dan menciptakan Indonesia baru yang bebas KKN, dengan Membentuk Kabinet Reformasi Pembangunan, Perbaikan bidang ekonomi, Melakukan reformasi di bidang politik, Kebebasan menyampaikan pendapat, Pelaksanaan Sidang Istimewa MPR 1998, Pemilihan umum tahun 1999

Presiden B.J. Habibie yang mengeluarkan satu kebijakan yang tertuang dalam undang-undang No. 9 Tahun 1998 yang berisi tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dan Tata Cara Berdemonstrasi. Bentuk penyampaian pendapat di muka umum dapat berupa unjuk rasa atau demonstrasi, pawai, rapat umum, dan mimbar bebas.

Ketentuan tersebut dinyatakan pada pasal 9 (2) UU No. 9 Tahun 1998. Presiden B.J. Habibie juga mencabut UU No. II/PNPS/1963 tentang Pemberantasan Aksi Subversi dengan mengeluarkan UU No. 26 Tahun 1999.

Presiden Keempat, Abdurrahman Wahid (1999-2001), kepemimpinannya yang mampu mengangkat kembali, mempertahankan kembali, dan mensejahterakan kembali rakyat Indonesia, Yaitu beliau menangani krisis moneter itu terlebih dahulu karena krisis moneter penyebab dari krisis-krisis yang ada di Indonesia pada waktu itu.

prinsip Gus dur ( Abdurrahman Wahid ) yaitu menjalin kerjasama dengan Negara Israel, dengan kerjasama itu Amerika dan Eropa tunduk kepada Indonesia. Dengan kejadian itu ulama-ulama baik yang ada di Indonesia atau di luar negeri khususnya kaum muslim memprotes terhadap gus dur (Abdurrahman Wahid ). 

Masa Negara yang mayoritas beragama muslim terbesar sedunia bekerjasama dengan orang Yahudi dan Nasroni lalu gus dur (Abdurrahman Wahid ) menjelaskan kepada orang-orang tertentu seperti MPR, DPR, Pemerintah dan ulam-ulama ( kecuali ulama yang di luar negeri ) dimana mereka tidak membobolkan rahasia itu kepada rakyat.

Presiden Kelima, Megawati (2001-2004) atau umumnya lebih dikenal sebagai Megawati Soekarnoputri atau biasa disapa dengan panggilan "Mbak Mega" (lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947; umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia yang kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004. Ia merupakan presiden wanita Indonesia pertama dan anak dari presiden Indonesia pertama, Soekarno.

Prestasi Megawati Selama Menjadi Presiden: 
- Mendirikan Lembaga pemberantas korupsi KPK pada tahun 2003, Menghentikan aktivitas pertambangan Freeport di Papua,
- Menghentikan kontrak pertambangan minyak Caltex di Blok Natuna Kepri, Menghentikan kontrak pertambangan Migas Caltex di Riau daratan, 
-Membubarkan BUMN terkorup pada masa itu yaitu Indosat karena merugikan negara puluhan Trilyun & banyak praktek ilegal di Indosat, 
- Menangkap 17 jenderal korup, 
- Megawati membawa Indonesia berhasil keluar dari IMF pada tahun 2003 yang menandakan Indonesia sudah keluar dari krisis 1998 dan Indonesia yang lebih mandiri. Berani menghentikan hutang baru. (Zero hutang / tidak meminjam selama kepemimpinannya), 
- Menangkap 21 pengemplang BLBI, 
- Mega mengeluarkan Keppres no 34 Tahun 2004 tentang penertiban bisnis TNI, 
- Melakukan pembangunan infrastruktur yang vital setelah pembangunan berhenti sejak 1998, - Mengembalikan proporsi pendapatan Gas Arun sebagian besar kepada rakyat Aceh dengan status daerah Otonomi Khusus dan menangkap petinggi GAM dan anggota GAM yang bersenjata dan yang sering melakukan pembakaran dan penarikan pajak tidak sah, dengan melibatkan wartawan dan jurnalis untuk pengecekan pelanggaran HAM. Berhasil membebaskan turis yang disandera GAM, 
- Paling Banyak Undang-Undang yang telah disahkan (sekitar 40 UU dan 20 Keppres) dalam waktu 3 tahun untuk memberikan kondisi kondusif bagi legislatif menjalankan fungsinya.Penghargaan Internasional sebagai Top 8 most powerful women in the world dan artikel majalah Time sebagai the princess who settled for the precidency

Presiden ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono ( 2004-2014 ), Selama 10 tahun pemerintahan SBY, perekonomian Indonesia dinilai tumbuh cukup signifikan oleh banyak kalangan. Hal itu dibuktikan dari sendi-sendi perekonomian nasional yang tetap stabil. Padahal, banyak negara-negara maju di Amerika Serikat dan sejumlah negara di Eropa mengalami krisis ekonomi. Perekonomian Indonesia dalam 10 tahun terakhir tidak mengalami stagnasi dan terus tumbuh sehingga ekonomi nasional bisa terjaga. Berbagai terobosan dan kerja keras telah dilakukan SBY dalam menyukseskan setiap pembangunan infrastruktur dengan melibatkan semua komponen


Presiden Ke-Tujuh  Ir. H. Joko Widodo, hingga sekarang, memiliki Visi, Misi 

VISi jokowi-jk

“Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”

MISI

- Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
- Mewujudkan masyarakat maju, berkesinambungan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
- Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
- Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
- Mewujudkan bangsa yang berdaya saing.
- Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional.
- Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

Dari beberapa daftar nama presiden Republik Indonesia (RI) pemerintahan era  bapak Soeharto adalah yang paling lama. Di era ini juga banyak sekali peristiwa penting yang membuat Indonesia kaya akan sejarah. Saat ini Indonesia di pimpin oleh presiden Jokowi Dodo. Maju terus buat bangsa kita Indonesia

"inilah pahlawan dan pemimpin banga indonesia yang berhak menjadi pahlawan nasional kita bersyukur kepada pemerintah yang telah memberikan gelar pahlawan nasional kepada seokarno terlebih lagi ketika kedepannya pemerintah juga memberikan kepada Soeharto dan pahlawan-pahlawan kita," Pungkasnya.

"MAJU NEGERIKU TERCINTA"

(one/shri)

Post a Comment

0 Comments