UPDATE: Gempa di Aceh Ingatkan Peristiwa 10 Tahun Silam di Yogyakarta

Foto, Kondisi Pemukiman Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. ISTIMEWA

BANDA ACEH, SHRI.com - Peristiwa 10 tahun silam di Yogyakarta kembali mengingatkan Indonesia, pasalnya Gempa Bumi yang menghantam di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, dengan kekuatan 6,5 SR mirip dengan insiden itu. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, Rabu (7/12/2016), menurutnya Gempa yang di Aceh saat ini mirip dengan musibah di Yogyakarta 10 tahun silam. "Magnitudo dan kedalaman hiposenter mirip gempa Yogyakarta tahun 2006," kata  Daryono. 

Diberitakan sebelumnya berdasarkan keterangan yang diterima shri.com, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi mengatakan, hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). 

"Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser. Ini sesuai laporan sementara dari zona gempa bumi bahwa gempa bumi ini memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempat," Moch Riyadi

(red/shri)

Post a Comment

0 Comments