Perkembangan Pembangunan Light Rail Transit di Jakarta dan Palembang, Ini Pengantar Presiden Jokowi



JAKARTA, SHRI.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pengantar mengenai pembangunan Pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Jakarta dan Palembang, Senin, 6 Februari 2017, di Kantor Presiden, Jakarta

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Siang hari ini akan dibahas lagi mengenai perkembangan pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Jakarta maupun di Palembang.

Mengapa ini terus kita rapatkan, karena apapun setiap pembangunan infrastruktur harus kita cek terus, kita cek, kita cek, dan kita cek lagi. Apa yang menjadi hambatan/kendala yang ada di lapangan, apakah terkait dengan pembebasan lahan, apakah terkait dengan pembiayaan, ataupun tata ruang, sampai soal mengenai infrastruktur pendukung. Dan segera dicarikan jalan keluarnya.

Yang kedua, kita memang belum mempunyai pengalaman di bidang ini, baik dalam pembangunan MRT, pembangunan LRT, maupun pembangunan kereta api cepat. Sehingga kita harapkan dari pembangunan yang pertama ini, baik MRT, LRT, maupun kereta api cepat bisa kita pakai sebagai sebuah pembelajaran alih teknologi, sehingga bisa bermanfaat untuk langkah-langkah kita ke depan.

Yang ketiga, pekerjaan pembangunan LRT ini bersifat lintas kementerian dan juga lintas daerah. Oleh sebab itu, perlu sinergi, perlu kerja sama yang solid antara pemerintah pusat dan daerah. Dan ke depannya akan kita jadikan sebagai sebuah model kerja sama yang bisa kita terapkan di kota-kota yang lainnya.

Yang terakhir, melalui ratas ini saya ingin memastikan bahwa pembangunan yang kita lakukan untuk LRT ini bisa selesai tepat waktu, yaitu tahun 2018 atau maju sedikit masuk ke 2019. Karena kita tahu semuanya, 2018 kita akan memiliki perhelatan olahraga berkelas internasional, Asian Games 2018 yang akan datang.

Post a Comment

0 Comments