"Keberkahan Dibalik Kesulitan"

Cobaan, rintangan, kelok dan berliku serta persimpangan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses perjuangan menunju perjalanan yang masih panjang demi sebuah cita-cita dan harapan. Gonjang ganjing yang terjadi beberapa hari kemarin merupakan sebuah fenomena yang sangat berharga untuk kita simak secara bijak dan seksama.

Untuk yang kesekian kalinya saya menulis tentang “Jum’at yang senantiasa melekat membawa berkat bagi partai Berkarya”. Dimana Jum’at kemarin Arief Budiman selaku ketua komisioner KPU RI mengatakan akan melakukan penyesuaian tata laksaana verifikasi partai peserta pemilu yang mengacu pada putusan MK 11 Januari yang baru lalu.

Hasil Rapat Dengar Pendapat antara Komisi II DPR RI, KPU, BAWASLU dan DKPP dapat ditafsirkan bahwa KPU tetapa akan melaksanakan amar putusan MK bahwa semua partai peserta pemilu wajib mengikuti Verifikasi Faktual bagi semua partai. Termasuk partai lama yang telah memiliki perwakilan di parlemen.

Keinginan menghapus Verifikasi Faktual dari salah satu anggota komisi II itupun akhirnya pupus setelah ketua KPU RI melakukan konferensi pers bahwa KPU akan tetap melaksanakan putusan MK.

Dalam kondisi ini sekali lagi kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas BerkatNya. Dimana partai Berkarya sudah dinyatakan Memenuhi Syarat secara administratif bahkan sudah masuk pada fase Verifikasi Faktual perbaikan bagi beberapa DPD yang masih memiliki sedikit kekurangan anggota diberbagai kabupaten kota.

Namun semua itu jika masih mengacu kepada PKPU No. 11 yang diberlakukan. Sehingga sangat dimungkinkan partai Berkarya akan lolos Verifikasi Faktual secara keseluruhan jika ada peraturan dan atau surat edaran KPU RI yang menyatakan adanya perubahan tentang ketentuan Verifikasi Faktual yang hanya mengambil 5% dari Sampel Acak bagi kabupaten kota yang batas minimum anggotanya dibawah 1.000 sebagaimana yang disampaikan oleh komisioner KPU dihadapan media Jum’at 19 Januari lalu.

Disaat para pengurus DPD sedang mempersiapkan anggota tambahan guna melanjutkan verifikasi faktual perbaikan maka perkembangan ini merupakan sebuah “Berkah” bagi partai Berkarya. Partai Berkarya telah siap menghadapi verifikasi faktual sebagaimana rencana dan tahapan awal yang telah ditentukan oleh undang-undang. Semakin dikekang, Berkarya justru semakin berpeluang. Jika ada yang berasumsi dimasyarakat bahwa banyak upaya menjegal justru Bekarya semakin “Kebal”.

Dalam pandangan ini saya hanya ingin mengatakan bahwa partai Berkarya adalah partai yang sudah sangat siap menghadapi berbagai kemungkinan. Perjalanan panjang setahun telah mampu memperkosa partai Berkarya untuk dewasa sebelum waktunya. Maaf ini jika dibandingkan saudara barunya yang lebih lama dan menghabiskan biaya yang tak terhingga.

Sementara Berkarya hanya menitik beratkan pada semangat perjuangan demi terwujudnya sebuah perubahan yang berorientasi pada ruh proklamasi yaitu terciptanya keadilan dan kemakmuran serta kesejahteraan bagi seluruh rakyat negeri ini sebagai pemilik kedaulatan.

Dibawah kelembutan dan kesantunan serta jiwa-jiwa kesatria dalam berjuang baik yang terlihat mata maupun yang tak terdengar telinga, para pemimpin partai ini berusaha dan berupaya menggelorakan semangat perubahan dengan tema utama “Lolos Verifikasi...!!!”

Berbagai kekurangan dan kelemahan tentunya akan selalu melekat kepada siapapun dan apapun serta kapanpun sepanjang kita masih ada dialam dunia yang fana ini karena kesempurnaan hanya milik sang kholiq. Partai yang menghamburkan dana belum tentu memiliki semangat yang sama.

Sebaliknya kita yang memiliki semangat yang menggelora belum tentu memiliki persiapan dana sebagaimana yang mereka punya. Inilah sebuah keadilan yang nyata. Perbedaan inilah sesungguhnya “keadilan yang hakiki”.

Janganlah kita mengatakan “Aku akan sukses karena aku pandai, banyak uang, aku bisa dan  sebagainya”. Tapi sadarilah bahwa kita adalah insan yang lemah. Sehingga kita butuh orang lain untuk bisa hidup secara bersamaan dan berdampingan. Karena sesungguhnya hanya ALLAH lah yang maha kaya dan maha mengetahui serta maha pengatur segalanya.

Sehingga marilah kita tanamkan semangat bahwa _“Karena Berkarya Kita Ada. Karena Kita Berkarya Ada”._Sebuah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Mulai dari DPP, DPW, DPD, DPC hinga anggota harus terus meningkatkan hubungan yang harmonis serta merasa saling membutuhkan dan saling memiliki karena “Partai Berkarya Milik Kita Bersama”.

Walaupun kita tahu bahwa tanggung jawab secara nasional institusional adalah DPP, namun ketika kita mampu, bisa dan memiliki niat yang tulus ikhlas serta diiringi dengan keinginan untuk merubah sekaligus merebut kekuasaan ini seyogyanya kita merapatkan barisan dan bergandengan tangan, berbuat semampu yang kita bisa untuk saling meringankan beban sehingga akan terbangun keindahan dan kebahagiaan yang harmoni dalam menjalani seni politik ini.

Hari ini adalah sebuah fakta bahwa kita tak mampu berdiri sendiri. Beberapa DPW dan DPD yang telah dinyatakan MS tetap harus menunggu saudara-saudara kita yang lain dibelakang barisan ini. Ituah tugas berat seorang ibu. Ibu dari anak-anak nya baik DPW, DPD hingga DPC secara hirarki. “Tak ada harimau memakan anaknya” pribahasa lama yang mungkin masih relevan untuk kita renungkan.

Karena apapun kekukarangan dan kelemahan yang dimiliki oleh DPP partai Berkarya merupakan upaya maksimal dari pemegang kebijakan secara struktural. Termasuk saat ini yang sedang dan terus menggenjot tim IT untuk membantu secara maksimal sekaligus mengkoordinasikan serta memberikan panduan pada semua DPD yang terkena MS oleh KPUD diwilayahnya.

Segala usaha dan upaya serta cara pastinya sudah dan akan dilakukan yang terbaik untuk partai ini. Baik yang terlihat maupun yang tak terdengar. DPP sebagai ibu kandung dari partai ini tentunya berharap pada kita semua untuk tetap semangat dalam berjuang, santun dalam berucap serta bijak dalam bersikap sekaligus sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan rintangan.

Cobaan dan rintangan serta berbagai ujian berat bagi kita Partai Berkarya nyatanya ALLAH SWT kerap kali memberikan kejutan-kejutan dengan KeberkahanNYa. Jika kita masih ingat bagaimana lemasnya lutut kita saat medengar bahwa partai Berkarya tidak MS secara administratif.

Semangat juang nan penuh keihlasan ternyata mendapat keberkahan lewat tangan Tuhan dengan mekanisme perbaikan. Begitupula saat ini, ketika kita sibuk mempersiapkan verifikasi perbaikan ternyata Tuhan meminjam artikulator komisi II DPR RI untuk memberikan jalan bagi kita partai Berkarya dengan jalan kemudahan. Sehingga dalam fase perbaikan yang sedang kita persiapkan ini justru akan memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi partai peserta pemilu 2019 yang akan datang.

Selamat bagi saudara-saudara kita yang telah dinyatakan MS dan selamat berjuang bagi rekan-rekan kita yang sedang melakukan persiapan verifikasi faktual perbaikan...!!!"

Sebagai Warga Pancasila dan insan Berkarya yang bertaqwa marilah kita terus berkarya dan berdo’a agar partai Berkarya senantiasa mendapatkan keridho’an serta berbagai kemudahan melalui kejutan-kejutan yang penuh keberkahan. Amin...!!!

SEMANGAT TERUS DAN TERUS SEMANGAT...!!!”

MUHIDIN JALIH/Jalih Pitoeng
Sek DPD Kota Tangerang

Post a Comment

0 Comments